Senin, 15 Agustus 2016

Istilah dalam League of Legends
IstilahArtiTipe Istilah
AceSemua tim musuh mati ( Alias RATA )Komunikasi
ADAttack Damage (Serangan Fisik)Istilah Ingame
AD CarryRole bagian Marksman di BotIstilah Ingame
AFKAway From Keyboard, jadi orang yang bersangkutan tidak ada ditempatKomunikasi
AoEArea of Effect, Skill yang memiliki banyak target (multitarget)Istilah Ingame
APAbility Power, (Serangan Magic)Istilah Ingame
AP MidRole bagian Mid dengan kemampuan AP (Ability Power) yang tinggiIstilah Ingame
ASAttack Speed, Kecepatan SerangIstilah Ingame
AssassinRole champion yang biasanya dapat instakill champion lawan yang squishyIstilah Ingame
BBack, mundur, menandakan orang yang bersangkutan menarik diri dari pertempuran atau laneKomunikasi
BaitUmpan, menandakan salah satu dari tim harus berpura-pura untuk memancing musuh agar tim kamu bisa menyergap tim lawanKomunikasi
BaronBaron Nashor, menandakan untuk check atau membunuh BaronKomunikasi
BD / BackdoorKeadaan dimana satu atau lebih champion menyerang Turret, Inhibitor, atau Nexus lawan tanpa bantuan/keberadaan minion. Arti lainya, secara diam-diam menyerang objektif lawan tanpa menunggu minion waveIstilah Ingame
BGBad Game, biasanya dikatakan pada saat surrender dikarenakan afk atau teman feeding :))Komunikasi
BotMengarah pada istilah Bottom Lane, dikatakan biasanya pada saat tim select untuk menunjukan bahwa role yang dipilih adalah botKomunikasi
BlueMengarah ke Blue Buff Golem, dikatakan biasanya oleh jungler supaya blue golem diambil lanerKomunikasi
BuffMemperkuat suatu karasteristik Champion/ Item, sehingga game lebih balanceIstilah Ingame
BRBBe Right Back, menunjukan orang yang bersangkutan tidak ada ditempat dalam waktu singkatKomunikasi
CareHati-hati, menandakan ada musuh yang mendekat tapi tidak pasti, jadi waspada dengan pergerakan musuhKomunikasi
CCCrowd Control, Semua efek disable seperti stun, silence, supressed, root, fear.Istilah Ingame
CDCooldown, menunjukan cooldown skill, dikatakan untuk memberi tahu berapa lama lagi cooldown skill berakhir.Komunikasi
CDRCooldown Reduction, Jumlah total pengurangan cooldown yang dimilikiIstilah Ingame
Counter JungleKeadaan dimana pada saat jungle salah satu tim menyergap, justru disergap balik oleh tim lainya sehingga menyebabkan sergapan jungle gagal.
Biasanya juga keadaan dimana monster salah satu tim dibunuh oleh jungler tim lain di area jungle lawan.
Komunikasi
CSCreep Score, Jumlah minion yang berhasil dibunuhIstilah Ingame
DCDisconnect, keadaan dimana koneksi terputusKomunikasi
DefDefend, perintah untuk mempertahankan objektif (Turret, Dragon, Inhib, etc)Komunikasi
DiveKeadaan/Perintah untuk menyerang musuh diarea tower lawan.Komunikasi
DisengageMundur dari pertempuran, biasanya karena salah satu anggota dari tim diculik dan mati / Kalah pada saat pertempuran sehingga beberapa 1 atau lebih anggota matiKomunikasi
DPSDamage per Second, Serangan yang dihasilkan tiap detik oleh skill-skill tertentuIstilah Ingame
Drake, Drag, DGDragon, menandakan untuk check atau membunuh DragonKomunikasi
DuoMenandakan yang bersangkutan memiliki pasangan untuk role tertentu. Dikatakan biasanya pada saat team selectIstilah Ingame
EngageSama dengan Initiate. Tindakan membuka pertempuran / war.Komunikasi
EloRating mu dalam game (Biasanya Ranked)Istilah Ingame
FacecheckMenandakan atau perintah untuk memeriksa lokasi yang tidak terlihat.Komunikasi
Flank / FlankingMemposisikan diri untuk menyerang dari sisi lain atau blind spot
Contoh; Zac loncat dari sisi yang tidak diketahui pada saat team fight sehingga tim bisa follow up dari depan
Komunikasi
FedMenandakan keadaan dimana suatu champion sangat unggul karena banyak membunuh champion lawanIstilah Ingame
FocusPerintah untuk menyerang target prioritas (Biasanya champion yang squishy, atau objektif)Komunikasi
Freeze / Freeze LaneKetika Lane Frozen, biasanya Tim sudah menghancurkan tower lawan, atau unggul jauh sehingga minion sekarang bertemu cukup jauh dari safe area.
Perintah untuk last hit, terjadi biasanya di bot lane karena sudah terlalu unggul untuk membuat tim lawan tidak berani mengambil cs
Komunikasi
GAGuardian Angel, salah satu item di League of Legends, biasanya dikatakan untuk menunjukan status GA (Masih dalam cooldown atau sudah siap)Komunikasi
Gank, GangPerintah atau permintaan untuk jungle membantu lane tertentuKomunikasi
GGGood Game, dikatakan biasanya dimana tim sudah berhasil menghancurkan nexus atau tim lawan surrender. 
GG EZ = GG Easy, dikatakan disaat yang sama tapi dengan tujuan mengejek tim lawan
Komunikasi
GJGood Job, Apresiasi yang diberikan ke teman saat berhasil melakukan sesuatuKomunikasi
GLGood Luck, dikatakan biasanya saat awal pertandingan sebagai bentuk pertemanan. 
GL HF = Good Luck Have Fun, bentuk lengkap dari GL
Komunikasi
HarassUntuk memberikan tekanan yang cukup sering terhadap musuh, sehingga menyebabkan salah satu musuh tertinggal. 
Contoh : Harass Mid (Mengganggu musuh di Mid supaya kesulitan di lane)
Komunikasi
HoldPerintah untuk bertahan disuatu posisi menunggu teman-teman yang lain untuk back up. 
Perintah untuk mengambil alih lane beberapa saat dimana yang berada dilane itu pergi dari lane sementara
Komunikasi
InititatePerintah atau keadaan untuk membuka pertempuran. 
Biasanya Tank membuka pertempuran sehingga anggota tim lainya bisa follow up. 
Contoh : Alistar membuka war dengan combo yang diikuti oleh sisa anggota tim. Alistar disini disebut initator karena jika Alistar tidak membuka, maka pertempuran tidak akan terjadi
Komunikasi
InvadePerintah untuk secara bersama-sama ke jungle musuh diawal permainan, sehingga dapat First Blood atau dapat menguasai buff MusuhKomunikasi
JukeKeadaan dimana memperdayai champion lawan, terkadang keadaan dimana kamu menghindari skill lawan.Istilah Ingame
JungleSemua Tempat di map selain Lane, River, dan Base (Markas Utama)Istilah Ingame
KSKill Steal, mengambil kill dengan memberikan pukulan terakhir pada champion.Istilah Ingame
KiteMenyerang (Biasanya Champion Jarak Jauh) dengan menjaga jarak dengan champion lawan, sehingga mereka tidak bisa menyerangmu, tetapi kamu bisa menyerang diaIstilah Ingame
LeashPerintah membantu Jungler diawal permainan untuk membunuh monster hutan, sehingga Jungler memiliki kemampuan lebih untuk membunuh monster hutan selanjutnyaKomunikasi
MetaBerasal dari Metagame, Tipe Permainan yang dilakukan saat ini, berisi aspek seperti lane setup, jungle, dan komposisi timIstilah Ingame
MiaMiss in Action, keadaan dimana champion lawan hilang dan tidak terdeteksi dilayarKomunikasi
N1Nice One, Apresiasi yang diberikan ke teman saat berhasil melakukan sesuatuKomunikasi
NerfMemperlemah suatu karasteristik Champion/ Item, sehingga game lebih balanceIstilah Ingame
Noob / Nub / NewbieSebenarnya menunjukan kata-kata pemula, tapi sering kali menjadi bahan ejekan ke player yang kurang kompetenIstilah Ingame
NpNo Problem, tidak masalahKomunikasi
OMWOn My Way, dikatakan dimana kamu mengarah ke tempat tertentuKomunikasi
OOMOut of Mana, Dikatakan pada saat kamu tidak memiliki mana, sehingga tim tahu kamu tidak siap untuk menyerangKomunikasi
Over / OverextendKeadaan dimana kamu terlalu jauh ke teritori lawanIstilah Ingame
PinkBerasal dari Pink Ward, dimaksudkan sesuatu yang berhubungan dengan Pink WardIstilah Ingame
PokeBentuk lain dari HarassIstilah Ingame
PullIstilah menarik monster jungle untuk keluar dari sarangnya karena diganggu oleh tim lawan. (Biasanya Dragon supaya tim lawan dari sisi Sebaliknya kesulitan untuk menjangkau)Istilah Ingame
RedMengarah ke Red Buff Golem, dikatakan biasanya oleh jungler supaya blue golem diambil lanerKomunikasi
RiverMengarah sungai besar yang memisahkan Blue Side dan Red Side dari Kiri Atas hingga Kanan Bawah PetaIstilah Ingame
RoamMengarah keadaan dimana yang bersangkutan meninggalkan lane asalnya sementara untuk membantu lane lain. (Misal support ke mid, mid ke bot))Komunikasi
Split PushKeadaan atau perintah untuk mendorong lebih dari 1 lane agar minion maju kedepan bersamaan sehingga tim musuh kesulitan untuk bergerak. 
Misal : 5 tim mendorong minnion, maka 4 orang mendorong ke top dan 1 orang di bot sehingga 2 lane ter push secara bersamaan
Komunikasi
SustainTingkat seberapa lama kamu bertahan di lane atau hidup dalam pertempuran.
Dipengaruhi oleh, Healing, Regenerasi, Armor, Lifesteal, dsb. 
Misal: Jika kamu Caitlyn dan tim kamu menyuruh kamu meningkatkan sustainability, belilah lifesteal; berbeda dengan Shen, misal membeli Warmock
Komunikasi
SquishyMengarah ke champion yang gampang dibunuh karena dari pertahananya yang lemahIstilah Ingame
SupMengarah role Support, sehingga tim tahu kamu memilih champion tertentu untuk role SupportIstilah Ingame
TankMengarah kesebuah build dimana menyebabkan champion menjadi sangat keras di pertarungan.
Mengarah ke role Tank, sehingga tim tahu kamu memilih champion tertentu untuk role Tank
Istilah Ingame
Throw / ThrowingKeadaan dimana satu atau lebih champion bermain tidak konsisten dimana menyebabkan kemenangan tim diawal menjadi susah atau kekalahanIstilah Ingame
TopMengarah role Top Laner, sehingga tim tahu kamu memilih champion tertentu untuk menjadi Top LanerIstilah Ingame
TPMengarah ke istilah Summoner Skills Teleport, biasanya dikatakan untuk menunjukan cooldown atau siap tidaknya speel TeleportIstilah Ingame
Tower DiveSama Istilahnya dengan Dive, perintah untuk menyerang musuh dalam jangkauan towerIstilah Ingame
Tower HugPerintah atau keadaan dimana bertahan dibawah jangkauan tower, biasanya dalam keadaan kalah atau tim musuh memiliki BaronIstilah Ingame

Tidak ada komentar:

Posting Komentar