Istilah dalam League of Legends
Istilah | Arti | Tipe Istilah |
---|---|---|
Ace | Semua tim musuh mati ( Alias RATA ) | Komunikasi |
AD | Attack Damage (Serangan Fisik) | Istilah Ingame |
AD Carry | Role bagian Marksman di Bot | Istilah Ingame |
AFK | Away From Keyboard, jadi orang yang bersangkutan tidak ada ditempat | Komunikasi |
AoE | Area of Effect, Skill yang memiliki banyak target (multitarget) | Istilah Ingame |
AP | Ability Power, (Serangan Magic) | Istilah Ingame |
AP Mid | Role bagian Mid dengan kemampuan AP (Ability Power) yang tinggi | Istilah Ingame |
AS | Attack Speed, Kecepatan Serang | Istilah Ingame |
Assassin | Role champion yang biasanya dapat instakill champion lawan yang squishy | Istilah Ingame |
B | Back, mundur, menandakan orang yang bersangkutan menarik diri dari pertempuran atau lane | Komunikasi |
Bait | Umpan, menandakan salah satu dari tim harus berpura-pura untuk memancing musuh agar tim kamu bisa menyergap tim lawan | Komunikasi |
Baron | Baron Nashor, menandakan untuk check atau membunuh Baron | Komunikasi |
BD / Backdoor | Keadaan dimana satu atau lebih champion menyerang Turret, Inhibitor, atau Nexus lawan tanpa bantuan/keberadaan minion. Arti lainya, secara diam-diam menyerang objektif lawan tanpa menunggu minion wave | Istilah Ingame |
BG | Bad Game, biasanya dikatakan pada saat surrender dikarenakan afk atau teman feeding :)) | Komunikasi |
Bot | Mengarah pada istilah Bottom Lane, dikatakan biasanya pada saat tim select untuk menunjukan bahwa role yang dipilih adalah bot | Komunikasi |
Blue | Mengarah ke Blue Buff Golem, dikatakan biasanya oleh jungler supaya blue golem diambil laner | Komunikasi |
Buff | Memperkuat suatu karasteristik Champion/ Item, sehingga game lebih balance | Istilah Ingame |
BRB | Be Right Back, menunjukan orang yang bersangkutan tidak ada ditempat dalam waktu singkat | Komunikasi |
Care | Hati-hati, menandakan ada musuh yang mendekat tapi tidak pasti, jadi waspada dengan pergerakan musuh | Komunikasi |
CC | Crowd Control, Semua efek disable seperti stun, silence, supressed, root, fear. | Istilah Ingame |
CD | Cooldown, menunjukan cooldown skill, dikatakan untuk memberi tahu berapa lama lagi cooldown skill berakhir. | Komunikasi |
CDR | Cooldown Reduction, Jumlah total pengurangan cooldown yang dimiliki | Istilah Ingame |
Counter Jungle | Keadaan dimana pada saat jungle salah satu tim menyergap, justru disergap balik oleh tim lainya sehingga menyebabkan sergapan jungle gagal. Biasanya juga keadaan dimana monster salah satu tim dibunuh oleh jungler tim lain di area jungle lawan. | Komunikasi |
CS | Creep Score, Jumlah minion yang berhasil dibunuh | Istilah Ingame |
DC | Disconnect, keadaan dimana koneksi terputus | Komunikasi |
Def | Defend, perintah untuk mempertahankan objektif (Turret, Dragon, Inhib, etc) | Komunikasi |
Dive | Keadaan/Perintah untuk menyerang musuh diarea tower lawan. | Komunikasi |
Disengage | Mundur dari pertempuran, biasanya karena salah satu anggota dari tim diculik dan mati / Kalah pada saat pertempuran sehingga beberapa 1 atau lebih anggota mati | Komunikasi |
DPS | Damage per Second, Serangan yang dihasilkan tiap detik oleh skill-skill tertentu | Istilah Ingame |
Drake, Drag, DG | Dragon, menandakan untuk check atau membunuh Dragon | Komunikasi |
Duo | Menandakan yang bersangkutan memiliki pasangan untuk role tertentu. Dikatakan biasanya pada saat team select | Istilah Ingame |
Engage | Sama dengan Initiate. Tindakan membuka pertempuran / war. | Komunikasi |
Elo | Rating mu dalam game (Biasanya Ranked) | Istilah Ingame |
Facecheck | Menandakan atau perintah untuk memeriksa lokasi yang tidak terlihat. | Komunikasi |
Flank / Flanking | Memposisikan diri untuk menyerang dari sisi lain atau blind spot Contoh; Zac loncat dari sisi yang tidak diketahui pada saat team fight sehingga tim bisa follow up dari depan | Komunikasi |
Fed | Menandakan keadaan dimana suatu champion sangat unggul karena banyak membunuh champion lawan | Istilah Ingame |
Focus | Perintah untuk menyerang target prioritas (Biasanya champion yang squishy, atau objektif) | Komunikasi |
Freeze / Freeze Lane | Ketika Lane Frozen, biasanya Tim sudah menghancurkan tower lawan, atau unggul jauh sehingga minion sekarang bertemu cukup jauh dari safe area. Perintah untuk last hit, terjadi biasanya di bot lane karena sudah terlalu unggul untuk membuat tim lawan tidak berani mengambil cs | Komunikasi |
GA | Guardian Angel, salah satu item di League of Legends, biasanya dikatakan untuk menunjukan status GA (Masih dalam cooldown atau sudah siap) | Komunikasi |
Gank, Gang | Perintah atau permintaan untuk jungle membantu lane tertentu | Komunikasi |
GG | Good Game, dikatakan biasanya dimana tim sudah berhasil menghancurkan nexus atau tim lawan surrender. GG EZ = GG Easy, dikatakan disaat yang sama tapi dengan tujuan mengejek tim lawan | Komunikasi |
GJ | Good Job, Apresiasi yang diberikan ke teman saat berhasil melakukan sesuatu | Komunikasi |
GL | Good Luck, dikatakan biasanya saat awal pertandingan sebagai bentuk pertemanan. GL HF = Good Luck Have Fun, bentuk lengkap dari GL | Komunikasi |
Harass | Untuk memberikan tekanan yang cukup sering terhadap musuh, sehingga menyebabkan salah satu musuh tertinggal. Contoh : Harass Mid (Mengganggu musuh di Mid supaya kesulitan di lane) | Komunikasi |
Hold | Perintah untuk bertahan disuatu posisi menunggu teman-teman yang lain untuk back up. Perintah untuk mengambil alih lane beberapa saat dimana yang berada dilane itu pergi dari lane sementara | Komunikasi |
Inititate | Perintah atau keadaan untuk membuka pertempuran. Biasanya Tank membuka pertempuran sehingga anggota tim lainya bisa follow up. Contoh : Alistar membuka war dengan combo yang diikuti oleh sisa anggota tim. Alistar disini disebut initator karena jika Alistar tidak membuka, maka pertempuran tidak akan terjadi | Komunikasi |
Invade | Perintah untuk secara bersama-sama ke jungle musuh diawal permainan, sehingga dapat First Blood atau dapat menguasai buff Musuh | Komunikasi |
Juke | Keadaan dimana memperdayai champion lawan, terkadang keadaan dimana kamu menghindari skill lawan. | Istilah Ingame |
Jungle | Semua Tempat di map selain Lane, River, dan Base (Markas Utama) | Istilah Ingame |
KS | Kill Steal, mengambil kill dengan memberikan pukulan terakhir pada champion. | Istilah Ingame |
Kite | Menyerang (Biasanya Champion Jarak Jauh) dengan menjaga jarak dengan champion lawan, sehingga mereka tidak bisa menyerangmu, tetapi kamu bisa menyerang dia | Istilah Ingame |
Leash | Perintah membantu Jungler diawal permainan untuk membunuh monster hutan, sehingga Jungler memiliki kemampuan lebih untuk membunuh monster hutan selanjutnya | Komunikasi |
Meta | Berasal dari Metagame, Tipe Permainan yang dilakukan saat ini, berisi aspek seperti lane setup, jungle, dan komposisi tim | Istilah Ingame |
Mia | Miss in Action, keadaan dimana champion lawan hilang dan tidak terdeteksi dilayar | Komunikasi |
N1 | Nice One, Apresiasi yang diberikan ke teman saat berhasil melakukan sesuatu | Komunikasi |
Nerf | Memperlemah suatu karasteristik Champion/ Item, sehingga game lebih balance | Istilah Ingame |
Noob / Nub / Newbie | Sebenarnya menunjukan kata-kata pemula, tapi sering kali menjadi bahan ejekan ke player yang kurang kompeten | Istilah Ingame |
Np | No Problem, tidak masalah | Komunikasi |
OMW | On My Way, dikatakan dimana kamu mengarah ke tempat tertentu | Komunikasi |
OOM | Out of Mana, Dikatakan pada saat kamu tidak memiliki mana, sehingga tim tahu kamu tidak siap untuk menyerang | Komunikasi |
Over / Overextend | Keadaan dimana kamu terlalu jauh ke teritori lawan | Istilah Ingame |
Pink | Berasal dari Pink Ward, dimaksudkan sesuatu yang berhubungan dengan Pink Ward | Istilah Ingame |
Poke | Bentuk lain dari Harass | Istilah Ingame |
Pull | Istilah menarik monster jungle untuk keluar dari sarangnya karena diganggu oleh tim lawan. (Biasanya Dragon supaya tim lawan dari sisi Sebaliknya kesulitan untuk menjangkau) | Istilah Ingame |
Red | Mengarah ke Red Buff Golem, dikatakan biasanya oleh jungler supaya blue golem diambil laner | Komunikasi |
River | Mengarah sungai besar yang memisahkan Blue Side dan Red Side dari Kiri Atas hingga Kanan Bawah Peta | Istilah Ingame |
Roam | Mengarah keadaan dimana yang bersangkutan meninggalkan lane asalnya sementara untuk membantu lane lain. (Misal support ke mid, mid ke bot)) | Komunikasi |
Split Push | Keadaan atau perintah untuk mendorong lebih dari 1 lane agar minion maju kedepan bersamaan sehingga tim musuh kesulitan untuk bergerak. Misal : 5 tim mendorong minnion, maka 4 orang mendorong ke top dan 1 orang di bot sehingga 2 lane ter push secara bersamaan | Komunikasi |
Sustain | Tingkat seberapa lama kamu bertahan di lane atau hidup dalam pertempuran. Dipengaruhi oleh, Healing, Regenerasi, Armor, Lifesteal, dsb. Misal: Jika kamu Caitlyn dan tim kamu menyuruh kamu meningkatkan sustainability, belilah lifesteal; berbeda dengan Shen, misal membeli Warmock | Komunikasi |
Squishy | Mengarah ke champion yang gampang dibunuh karena dari pertahananya yang lemah | Istilah Ingame |
Sup | Mengarah role Support, sehingga tim tahu kamu memilih champion tertentu untuk role Support | Istilah Ingame |
Tank | Mengarah kesebuah build dimana menyebabkan champion menjadi sangat keras di pertarungan. Mengarah ke role Tank, sehingga tim tahu kamu memilih champion tertentu untuk role Tank | Istilah Ingame |
Throw / Throwing | Keadaan dimana satu atau lebih champion bermain tidak konsisten dimana menyebabkan kemenangan tim diawal menjadi susah atau kekalahan | Istilah Ingame |
Top | Mengarah role Top Laner, sehingga tim tahu kamu memilih champion tertentu untuk menjadi Top Laner | Istilah Ingame |
TP | Mengarah ke istilah Summoner Skills Teleport, biasanya dikatakan untuk menunjukan cooldown atau siap tidaknya speel Teleport | Istilah Ingame |
Tower Dive | Sama Istilahnya dengan Dive, perintah untuk menyerang musuh dalam jangkauan tower | Istilah Ingame |
Tower Hug | Perintah atau keadaan dimana bertahan dibawah jangkauan tower, biasanya dalam keadaan kalah atau tim musuh memiliki Baron | Istilah Ingame |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar